Home » » LEMASA dan LEMASKO Akan Diaudit

LEMASA dan LEMASKO Akan Diaudit

Written By Unknown on Rabu, 21 Agustus 2013 | 20.35

 
Lembaga pengembangan Masyarakat Amungme dan kamoro (LPMAK) menyatakan akan mengaudit pengelolahan keuangan dua lembaga mitra milik masyarakat adat setempat, yakni Lembaga Masyarakat Suku Amungme (LEMASA) dan Lembaga Masyarakat Suku Kamoro (LEMASKO) di Timika, Papua.
Pernyataan demikian diungkapkan oleh Kepala Biro Adat-Agama LPMAK, Pice  Metakda kepada Landas di ruang kerjanya, jumad (11/2). Katanya, pra-audit Lemasa dan lemasko merupakan salah satu kegiatan terpenting sebelum audit laporan keuangan tiap tahun.  Sehingga “Audit tahun anggaran 2010 untuk LEMASA dan LEMASKO akan dilakukan pada akhir bulan februari hingga awal maret (2011) mendatang,” terangnya.
Sebelumnya, pada tanggal 25 Januari (2011) kemarin, Biro Adat-Agama telah mengelar pra-audit bersama Lemas dan Lemasko. “Supaya audit kali ini mereka tidak kaget, serta diharapkan  lebih mempersiapakan laporannya,” tambahnya. Pertemuan Pra-Audit yang berlangsung dalam bentuk kegiatan diskusi ini, tampak Auditor menemui atasan pengurus lembaga adat masing-masing atau secara terpisah selama kurang lebih 3 jam. Selain Auditor, kegiatan pra-audit ini dihadiri oleh Direktur Lemasa, Ketua Lemasko serta Pejabat Sekretaris Eksekutif LPMAK.
Pimpinan kedua Lembaga Adat yaitu Nerius Katagame, SH (selaku  Direktur LEMASA) dan Laurensius Poterpau (selaku Ketua LEMASKO) mengatakan sangat menyambut baik dan memberikan respon positif terhadap kegiatan audit yang akan dilaksanakan akhir bulan Februari hingga awal bulan maret (2011) mendatang.
“kami harap supaya kegiatan audit keuangan ini tidak menghambat program lembaga masyarakat adat (Lemasa maupun Lemasko). Program audit keuangan ini akan mendukung kegiatan dan program kami di tahun 2011 mendatang,” sambut Katagame di sela-sela acara pra-audit. Bahkan kedua pimpinan lembaga adat berharap bahwa kegiatan audit agar segera dan secepatnya dilakukan.
Rencana audit keuangan ini didasarkan pada perjanjian kerjasama (PKS) antara pihak pertama (LPMAK) terhadap  Pihak kedua yakni LEMASA dan LEMASKO.  LPMAK telah menunjuk Lembaga Audit Independen (NETRAL), yaitu ALLIOTT GROUP untuk melakukan Audit Internal (operasional atau ketaatan), khususnya  audit terhadap kelayakan pengelolaan manajemen dan keuangan Lemasa dan Lemasko selama tahun 2010 kemarin.
Selain itu juga, rencana audit juga didasarkan pada hasil Keputusan Rapat Badan Pengurus (BP) LPMAK pada tanggal 8 Desember di Hotel Rimba Papua. “waktu itu, memang sudah direncanakan seperti biasanya bahwa, LEMASA dan LEMASKO akan diaudit,” ungkap Biro Adat-Agama
 Diharapkan kedepan, setelah audit kedua Lembaga Adat lebih profesional dan mandiri dalam mengelola manajemen pemerintahan Adat. Juga dapat mengelola keuangan dengan baik dan benar serta dapat menyentuh atau dirasakan oleh masyarakat Amungme dan Kamoro masing-masing. Lemasa maupun Lemasko lebih dituntut menunjukkan eksistensi lembaga adatnya. Perlu diingat, pengakuan dan kepercayaan terhadap lembaga adat terlebih dahulu datang dan diungkapkan oleh suku masyarakatnya sendiri, ketimbang suku masyarakat tetangganya(Willem Bobi)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Sesuai artikel yang anda sudah baca ....Admin Terimakasih atas anda bersedia membaca artikel IP_MAMI SULUT di Kota Studi Manado.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IPMAMI SULUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger