Home » » KSM Nduga Punya Target Jangka Panjang

KSM Nduga Punya Target Jangka Panjang

Written By Unknown on Rabu, 21 Agustus 2013 | 20.34



Pencapaian Program pendanaan usaha masyarakat untuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) binaan Biro Nduga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Amungme –Kamoro (LPMAK) di kabupaten Mimika terus meningkat.  Dana bergulir ini mampu mendongkrak ekonomi produktif KSM Binaan Nduga hingga 60 persen sejak tahun 2008 sampai 2010 kemarin.
Demikian diungkapkan Kepala Biro Nduga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Amungme –Kamoro (LPMAK), melalui FS lapangan Elias Mirip, di ruang kerjanya, senin (14/2). “Kebanyakan masyarakat Nduga, terutama kelompok peserta atau penerima program, mulai sadar bahwa dan bergulir sangat bermanfaat bagi ekonomi keberlanjutan,” paparnya.
Selama dua (2) tahun tersebut, Biro Nduga telah berhasil membina 435 kelompok usaha penerima dana tersebut. Dengan bidang usaha; pertanian, peternakan (babi), serta usaha kios, juga sedang dibuka perikanan.  Dijelaskannya, besarnya penyaluran dana kelompok baru ditentukan oleh hasil analisis dan verifikasi usaha yang dilakukan oleh Biro Ekonomi LPMAK.  Sedangkan kelompok lama, tahun 2008, serta masih aktif diberikan dana pengembangan usaha, namun dilakukan setelah adanya penilaian sesuai ketentuan kelompok usaha aktif produktif.
Untuk itu, ke depan, Biro Nduga berharap supaya Suku Nduga terutama penerima Program KSM asal Nduga, agar terus maju dalam mengembangkan ekonomi di Daerah Kabupaten Mimika. Kemajuan bagi KSM asal Nduga tersebut akan diukur melalui capaian target yang telah ditentukan selama 5 tahun mendatang.  “Dari sekian banyak kelompok usaha (KSM) Nduga, beberapa diantaranya harus menjadi pengusaha di wilayah ini,” pintahnya.
Harapan kemajuan tersebut sering ditegaskan kepala Biro Nduga, mengingat selama ini dinilai kebanyakan  kelompok usahanya hanya mengembangkan usaha jangka pendek. Tapi usaha musiman itu akan diubah. “ke depan, begitu masyarakat  terima uang, harus bangun usaha berpola jangka panjang,” pesannya. Sehingga pembinaan dan pengawasan terus dilakukan sesuai target dan tujuan yang diharapkan bersama.
Tak heran apabila LPMAK dalam realisasinya telah mendukung usaha pola jangka panjang tersebut. Melalui Biro Nduga, LPMAK telah mengembangkan perkebunan jangka panjang bagi kelompok usaha (KSM) Nduga di Kabupaten Mimika. Seperti: Pisang, nenas dan Buah Merah di Distrik Jita, serta Usaha Kelapa di sejumlah lokasi binaan. (Willem Bobi)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Sesuai artikel yang anda sudah baca ....Admin Terimakasih atas anda bersedia membaca artikel IP_MAMI SULUT di Kota Studi Manado.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IPMAMI SULUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger