Home » » Ratusan Karyawan Freeport Sakit Akibat Jalan Kaki

Ratusan Karyawan Freeport Sakit Akibat Jalan Kaki

Written By Unknown on Selasa, 20 Agustus 2013 | 20.45



Timika, Papua 4/7 – Ratusan dari ribuan karyawan Freeport yang berjalan kaki dari Tembagapura menuju Timika mengalami kesakitan karena tidak sanggup lagi berjalan. Sebagian dari mereka bahkan pingsan dan harus digotong akibat keletihan.
Ribuan karyawan Freeport yang nekat berjalan kaki ini merupakan dampak dari aksi mogok kerja karena tidak adanya titik temu antara Serikat Pekerja dan Manajemen Freeport untuk melakukan perundingan Perjanjian Kerja Bersama atau PKB.
Sebelumnya, mereka telah meminta bus untuk membawa mereka ke Timika, namun ditolak olah manajemen Freeport.
Mereka terpaksa berjalan kaki dari Tembagapura Mile 68 sekitar Pukul 08.00 WIT, namun setelah melihat ratusan karyawan mengalami kesakitan satuan pengamanan Freeport langsung menjemput di Mile 50.
Salah satu karyawan Novi Hehanusa menuturkan, selama dalam perjalanan pihak manajemen tidak memberikan air minum ataupun makanan. “selama dalam perjalanan tidak ada makan maupun minum, itu yang menyebabkan banyak karyawan kesakitan” ujarnya.
Ia menuturkan, karyawan selama berjalan kaki untungnya dibantu oleh satuan pengamanan perusahaan dan Satgas Amole (aparat bersenjata yang menjaga kawasan PTFI).
“kami diberi air dan roti serta buah-buahan sama aparat, manajemen sama sekali tidak memperhatikan kami” ungkap Novi.
Aksi jalan kaki ribuan karayawan Freeport merupakan rangkaian dari aksi mogok kerja akibat tidak adanya titik temu antara serikat pekerja dan manajemen Freeport untuk melakukan perundingan Perjanjian Kerja Bersama atau PKB.
Mereka hendak bergabung dengan ribuan karyawan lainnya yang berada di pintu masuk Kuala Kencana. sementara jarak antara Timika – Tembagapura sekitar 60 Kilo Meter. (Spe)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IPMAMI SULUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger