Home » » Ribuan Karyawan Freeport Mogok Kerja

Ribuan Karyawan Freeport Mogok Kerja

Written By Unknown on Selasa, 20 Agustus 2013 | 20.47



Timika, Papua 4/7 – Ribuan karyawan PT Freeport Indonesia di Timika, Papua hari ini melakukan aksi mogok kerja. Mereka berumpul di Cek Point 28, jalan masuk menuju Kuala Kencana (kawasan perumahan karyawan Freeport).
Mereka hendak melakukan aksi mogok kerja di Pusat Perkantoran Freeport, di Kuala Kencana, namun dilarang oleh aparat Kepolisian. Alasannya Kuala Kencana merupakan salah satu kawasan Obyek Vital Nasional, Obvitnas, yang dilindungi oleh Undang-undang.
Ketua Serikat Pekerja Freeport Sudiro mengatakan, aksi mogok kerja ini dilakukan karena pihak manajemen tidak menjawab surat yang dilayangkan serikat pekerja kepada manajemen untuk segera melakukan perundingan Perjanjian Kerja Bersama atau PKB.
“kami pengurus serikat pekerja telah mengirimkan surat sebanyak lima kali sejak bulan april untuk melakukan perundingan PKB, namun hingga kini manajemen tidak menjawab” ujarnya.
Ia menegaskan, aksi mogok kerja ini bukan kehendak dari pengurus serikat pekerja, tetapi manajemen, karena terkesan sengaja mengulur-ulur waktu untuk melakukan perundingan.
Sudiro menuturkan, aksi ini dipicu dipecatnya enam pengurus serikat pekerja karena tidak pernah masuk kerja lebih dari lima hari.
“kami selama ini tidak masuk kerja karena mengurus masalah organisasi (serikat pekerja), dan itu dibenarkan oleh Undang-undang, jadi alasan manajemen untuk memecat kami sama sekali tidak mendasar” tungkasnya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IPMAMI SULUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger